Budaya Indonesia Batik

Budaya
Batik Indonesia

BATIK SEBAGAI WARISAN BUDAYA INDONESIA

 

 

 

 

NAMA          : TRI RIFIANTO

NPM              : 17112457

KELAS         : 1KA19

 

 

BAB I
Pendahuluan

            Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.

Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai “kultur” dalam bahasa Indonesia.

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari.

Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia.

Citra budaya yang bersifat memaksa tersebut membekali anggota-anggotanya dengan pedoman mengenai perilaku yang layak dan menetapkan dunia makna dan nilai logis yang dapat dipinjam anggota-anggotanya yang paling bersahaja untuk memperoleh rasa bermartabat dan pertalian dengan hidup mereka.

Dengan demikian, budayalah yang menyediakan suatu kerangka yang koheren untuk mengorganisasikan aktivitas seseorang dan memungkinkannya meramalkan perilaku orang lain.

Contohnya adalah budaya kerajinan batik dari yogyakarta. Yang telah menjadi ciri khas sendiri suatu daerah.

 

 

 

 

 

BAB II
Isi

2.1. Pendahuluan     

Setelah kita mengetahui apa itu budaya. Sekarang saya akan mendeskripsikan tentang budaya batik di pulau Jawa. Selama ini kita sering melihat batik yang di gunakan orang-orang. Batik merupakan salah satu kerajinan tangan di pulau Jawa. Batik juga dapat dijumpai di daerah daerah lain. Setiap daerah di Indonesi memiliki berbagai macam kerajinan batiknya sendiri sendiri.
Batik adalah salah satu cara pembuatan bahan pakaian. Selain itu batik bisa mengacu pada dua hal. Yang pertama adalah teknik pewarnaan kain dengan menggunakan malam untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain. Dalam literatur internasional, teknik ini dikenal sebagai wax-resist dyeing. Pengertian kedua adalah kain atau busana yang dibuat dengan teknik tersebut, termasuk penggunaan motif-motif tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober, 2009.

 

2.2. Corak Batik Indonesia

Batik Jawa

batik-jawa

Batik Jawa, terutama yang berasal dari Yogya dan Solo, dikenal punya nilai-nilai kejawen. Warna batik tradisional seperti indigo, coklat tua, dan putih itu mewakili 3 dewa besar Hindu: Brahma, Wisnu, dan Siwa. Dalam upacara-upacara orang Jawa, kebangsawanan seseorang itu bisa dinilai dari jenis dan motif batik yang dia pakai.

 

Batik Pesisir

batik-pesisir

Di luar Yogya dan Solo juga ada batik-batik lainnya, tentunya dengan motif yang berbeda. Batik pesisir (Pekalongan, Cirebon, Lasem, Tuban, dan Madura) warnanya lebih berani dan terpengaruh budaya Arab, Cina, dan Belanda. Di jaman Belanda, batik pesisir ini yang paling disukai sama orang-orang keturunan Cina dan Belanda. Kata “batik”, meskipun nggak selalu dari pulau Jawa, berasal dari bahwa Jawa: “amba” (menulis) dan “titik”.

Batik Bali

bali

Sementara orang Bali karena lebih tertarik sama seni patung dan seni lukis, nggak terlalu mengembangkan batiknya. Palingan batik Bali itu adalah batik yang dibuat pake teknik ikat dan celup. Batik Bali sendiri memiliki karakter motif yang kuat.
 2.3. Menurut teknik:

Batik tulis adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik menggunakan tangan. Pembuatan batik jenis ini memakan waktu kurang lebih 2-3 bulan.
Batik cap adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik yang dibentuk dengan cap ( biasanya terbuat dari tembaga). Proses pembuatan batik jenis ini membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 hari.
Batik lukis adalah proses pembuatan batik dengan cara langsung melukis pada kain putih.

 

BAB III
Penutup

Kesimpulan
Budaya merupakan ciri khas suatu bangsa, budaya juga dapat di artikan sebagai cara fikir suatu bangsa. Salah satu budaya adalah kerajinan tangan suatu negara.
Kerajinan tangan tersebut seperti Batik. Merupakan warisan sejak nenek moyang indonesia dulu. Dengan demikian, sudah semestinya kita melestarikan dan menjaga agar budaya kita tidak di rebut oleh orang lain, di era globalisasi budaya harus di pegang erat, dan harus terus di  lestarikan.

Daftar Isi

http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20130105225204AAHnnyQ

http://dwihandaru.blogspot.com/2012/03/apa-yang-dimaksud-dengan-kebudayaan_02.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Budaya

http://gabriellaaningtyas.wordpress.com/2012/11/25/kebudayaan-daerah-istimewa-yogyakarta/

http://id.wikipedia.org/wiki/Batik

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s