Tugas 1

Grafik komputer dan pengolahan citra

          Citra adalah gambar yang diperoleh dengan alat pengambilan gambar seperti mata manusia, kamera, sensor satelit, dan lain lain. Sedangkan grafik adalah gambar yang dibuat dengan cara tertentu. Perbedaan antara grafik komputer dengan pengolahan citra yaitu dalam grafik komputer dilakukan proses untuk menghasilkan suatu gambar dari awal dengan menggunakan komputer. Bentuk sederhana dari grafik komputer adalah garfik komputer 2D kemudian berkembang menjadi grafik komputer 3D.

          Grafik komputer dan pengolahan citra dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, contohnya pada SIG sistem informasi geografis.
Salah satu model informasi yang berhubungan dengan data keruangan mengenai daerah-daerah di permukaan Bumi adalah Sistem Informasi Geografis (SIG). Pengertian SIG adalah suatu sistem yang menekankan pada informasi mengenai daerah-daerah berserta keterangan yang terdapat pada daerah-daerah di permukaan Bumi. Sistem Infomasi Geografis merupakan bagian dari ilmu Geografik Teknik berbasis komputer yang digunakan untuk menyimpan dan memanipulasi data-data keruangan untuk kebutuhan atau kepentingan tertentu.

Sumber:

http://www.pengertianahli.com/2013/10/pengertian-sig-sistem-informasi.html
http://rika7damayanti.blogspot.com/2013/09/perbedaan-ilmu-grafik-komputer-dan.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s