Pengolahan Grafis

Pengelolah gragis adalah program yang secara khusus dibuat untuk membuat gambar atau mengelolah gambar. Pengelolah grafis yang sederhana memanipulasi gambar dalam bentuk bitmap.

Operasi pada model seperti ini didasarkan pada piksel. Piksel adalah unit terkecil yang menyusun gambar. Sebuah piksel daat Anda bayangkan seperti sebuah titik. Sebagai contoh, kalau Anda bermaksud menghapus bagian gambar yang telah anda buat, Anda harus menghapus berdasarkan piksel-piksel tersebut. Contoh program seperti ini adalah Pain, photoshop dan masih banyak lagi program pengelolah grafis lainnya.

Pengelolah grafis yang lebih kompleks dapat memanipulasi gambar dalam betuk vektor atau objek. Sebagai contoh bila Anda menggambar dua buah bentuk, misalnya lingkaran dan kotak yang saling menumpuk, setiap gambar bisa dipindahkan atau dihapus dengan mudah kapan saja. Beriktu contoh program kategori ini.

Adobe photoshop, buatan Adob Systems Incorporated. Program ini berjalan pada baik itu sistem operasi windows maupun machintos.

PhotoStudio, buatan perusahaan ArcSoft. Program ini juga dapat berjalan pada sistem operasi Windows dan Mac.

GIMP, yang terdapat pada sistem operasi Linux.

Beberapa jenis file yang digunakan untuk menyimpan gambar antara lain:

  • JEPG (Join Photographic Expert Group)
  • TIFF (Tag Image Fiel Format)
  • PNG (Portable Networks Graphics)
  • BMP (dari kata “btimap”)

Kesimpulan Saya: pengolahan grafis adalah manfaat dari teknologi informasi yang mampu mengolah grafis dan memanipulasi gambar berbentuk bitmap yang didasarkan pada piksel. Pengolahan grafis dapat dilakukan dari yang sederhana hingga yang kompleks

Printer

Pengertian printer adalah alat yang dipakai untuk mencetak tampilan monitor ke kertas. Informasi yang dicetak berupa teks ataupun gambar. Berdasarkan teknologi yang digunakan untuk melakukan pencetakan, macam-macam printer dapat dibedakan menjadi dot-matrix, laser, dan ink-jet.

  • Printer dot-matrix adalah jenis printer yang digunakan kepala cetak berupa sekumpulan jarum. Kumpulan jarum ini memukul pita dan menghasilkan cetakan pada kertas.
  • Printer laser adalah jenis printer yang menggunakan sinar laser untuk mengendalikan pencetakan. Cetakan dihasilkan oleh bubuk toner.
  • Printer ink-jet adalah jenis printer yang melakukan cetakan dengan cara menyemprotkan titik-titik tinta yang bermuatan listrik ke kertas.

Pada saat ini juga telah beredar printer multifungsi yaitu printer yang mampu malkukan fungsi pencetakan, fotokopi, scanner dan bahkan mesin faksimile.

Kesimpulan saya: printer merupakan alat yang dipakai untuk mencetak tampilan di monitor menjadi hard coppy. Berbagaimacam jenis printer yang biasa kita gunakan salah satunya adalah printer model ink-jet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s